PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI

Leave a comment

October 5, 2012 by januarmat

PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI

– Diana

Abstract

Information Communication and Technologi (ICT) telah merambah dalam setiap bidang kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Peranan ICT dalam dunia pendidikan sangatlah besar, tidak hanya dikalangan perguruan tinggi semata namun juga pada pendidikan anak usia dini. Pada Amandemen Undang-Undang Dasar 1945, dinyatakan bahwa setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia (pasal 28 C ayat 2), dalam rangka mengembangkan diri anak usia dini, sekarang banyak kita dapati berbagai layanan pendidikan baik formal maupun non-formal. Apapun bentuk layanan tersebut, seyogyanya memperhatikan prinsip pembelajaran anak usia dini. Selain memperhatikan prinsip pembelajaran, cakupan materi yang diberikan juga sangat beragam sesuai dengan aspek perkembangan anak, salah satunya adalah aspek perkembangan kognitif. Dalam perkembangan kogninif, anak usia dini dibekali dengan pemahaman tentang matematika dasar seperti mengenal warna, bentuk, ukuran, pola, memecahkan masalah, bilangan dan berhitung. Menguasai keterampilan matematika dasar sangat penting karena hal tersebut terdapat dalam kehidupan nyata sehari-hari anak. Berbagai media dapat digunakan dari yang terdapat pada tubuh anak sendiri seperti jari tangan dan kaki, pakaian, juga peralatan makan warna-warni dan berbagai ukuran, balok-balok, tumbuhan, sampai multi media canggih dengan beragam program yang dirancang sesuai usia dan kebutuhan anak usia dini. Sekarang banyak didapati CD/VCD pembelajaran matematika dasar yang dikemas menarik dan dijual bebas di pasaran. Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua/pendidik memilih yang sesuai kebutuhan dan ramah bagi anak. Untuk itulah, maka dalam makalah ini, kami membahas tentang ICT dan Matematika bagi Anak Usia Dini.

Komentar:

Jurnal diatas menjelaskan bahwa penggunaan ICT tidak hanya d gunakan di perguruan tinggi, tetapi di gunakan di solah anak usia dini(play grup)

Manfaat Pembelajaran Dengan ICT

Pembelajaran menggunakan media ICT sudah menjadi hal- hal biasa di sekolah- sekolah unggulan. Sebelumnya perlu kita pahami dahulu tentang apa ICT itu. Dari asal katanya ICT sendiri berasal dari kata Information, Communication, dan Technology. ICT merupakan suatu tehnik modern dalam penyampaian informasi dan berkomunikasi. Dengan demikian, ICT memiliki peran yang sangat besar di dalam kehidupan sehari- hari. Kalau kita perhatikan di sekitar kita mulai dari benda- benda kecil hingga yang berskala besar semuanya tak lepas dari ICT. Contoh, dulu para guru ketika mengajar hanya melakukan komunikasi secara tatap muka dengan bermodalkan buku paket dan beberapa referensi buku lain. Tetapi sekarang ini karena kemajuan teknologi, para guru dalam menerangkan mata pelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti siswa dengan bantuan ICT.

Hal ini, berarti bahwa pembelajaran dengan ICT akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi proses pembelajaran. Apalagi jika kita mengingat bahwa terdapat beberapa sekolah- sekolah di Indonesia yang telah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional(RSBI). Secara lebih khusus, manfaat dari penggunaan ICT di dalam proses pembelajaran adalah pertama, melalui ICT proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Para siswa tidak lagi meminta izin kepada para guru untuk pergi ke belakang untuk sekedar mencuci muka karena mengantuk pada saat jam pelajaran, ataupun bosan mendengarkan pelajaran yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Kedua, siswa lebih mudah dalam memahami apa yang disampaikan oleh para guru mengingat tayangan materi yang diberikan masih terpampang di depan mata. Sehingga para siswa lebih mudah memahami dan mengerti pelajaran yang diajarkan. Ketiga, keberadaan ICT menuntut para guru dan siswa untuk tidak gagap teknologi. Keempat, pembelajaran ICT ini dapat menjadi nilai plus bagi para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan di sekolah- sekolah favorit. Apalagi jika ingin meneruskan ke luar negeri, tentu saja pembelajaran dengan ICT tentu sudah menjadi pemandangan biasa di kalangan guru dan siswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: